Strategi Pemanfaatan Laboratorium IPA di Sekolah
No.
|
Strategi
|
Rencana Tindak
|
Sasaran Keterampilan Proses Sains
|
1.
|
Kelengkapan fasilitas pendukung (alat dan
bahan)
|
- Inventarisasi
alat dan bahan
- Analisis
kebutuhan alat dan bahan
- Pengadaan
alat
- Alat dan
bahan alternatif
- Menyedikan
buku manual/SOP
- Pemeliharaan
fasilitas laboratorium
- Alokasi
anggaran
|
1.
Keterampilan observasi
2.
Keterampilan klasifikasi
3.
Keterampilan mengukur/menghitung/menganalisis
4.
Keterampilan mempraktekkannya/mencoba
5.
Keterampilan menyimpulkan
6.
Keterampilan memprediksi/
meramal
|
2.
|
Prasyarat pengetahuan
|
- Menyediakan
daftar istilah yang berhubungan dengan materi praktikum (glosarium)
- Menyediakan
tabel konversi satuan dan sifat-sifat fisik dan kimia (tabel sistem
periodik)
- Menyediakan
tabel konstanta, misalnya g = 9,88 m/s2
- Menyediakan
akses internet (search engine informasi)
|
3.
|
Teknologi baik itu sederhana atau modern.
Misalnya: virtual laboratorium
|
- Menyediakan
akses internet (wifi); virtual laboratorium video panduan
- Menyediakan
alat-alat peraga sederhana
- Menyediakan
perkakas laboratorium seperti gunting, tang, obeng, pisau, penjepit
- Menyediakan
infokus dan LCD
|
4.
|
Sumber daya manusia profesional
|
- Merekrut
secara selektif tenaga laboratorium yang memenuhi standar kompetensi
laboratorium
- Menyelenggarakan
pelatihan atau workshop
- Menyediakan
insentif yang sesuai UMR (kompensasi). Catatan: bagi guru diberikan
insentif beban kinerja atau jam
- Menyiapkan
sistem penjaminan mutu laboratorium (Standar operasional bekerja di laboratorium
= Quality assurance laboratory
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar