Minggu, 26 Februari 2017

Manajemen Laboratorium

Manajemen laboratorium adalah usaha untuk mengelola laboratorium berdasarkan konsep manajemen baku. Pengelolaan laboratorium yang baik tergantung beberapa faktor yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Untuk mengelola laboratorium dengan baik maka harus dipahami mengenai perangkat manajemen laboratorium sebagai berikut:

  1. tata ruang
  2. peralatan yang baik dan terkalibrasi
  3. infrastruktur
  4. administrasi laboratorium
  5. organisasi laboratorium
  6. fasilitas pendanaan
  7. inventarisasi dan keamanan
  8. pengamanan laboratorium
  9. disiplin yang tinggi
  10. keterampilan SDM
  11. peraturan dasar
  12. penanganan masalah umum dan jenis-jenis pekerjaan
Semua perangkat manajemen laboratorium jika dikelola secara optimal maka akan mendukung implementasi manajemen laboratorium yang baik. Dengan demikian manajemen laboratorium dapat dipahami sebagai suatu tindakan pengelolaan yang kompleks dan terarah sejak perencanaan tata ruang sampai dengan perencanaan semua perangkat penunjang lainnya dengan pusat aktivitasnya adalah tata ruang.


Daftar Pustaka

Sitorus, M.S., dan Sutiani, A., 2013. Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar